Sunday, August 31, 2014

[androidesia]TOMI-APLIKASI FILE MANAGER(EXPLORER)ANDROID DENGAN TAMPILAN MENARIK

Tomi File Manager (Explorer)
Aplikasi File Manager Android dengan tampilan Menarik
Dari sekian banyak aplikasi untuk mengelola File, maka aplikasi Tomi File Manager (Explorer) yang tersedia gratis di google PlayStore ini terbilang lain dari pada yang lain, terutama di sisi tampilan. Meskipun begitu secara kemampuan dan fungsinya tetap sama, hanya saja dengan desainnya yang berbeda ini kita akan lewbih mudah untuk mengelola file yang tersimpan pada memory telepon maupun memory eksternal di perangkat android, baik smartphone maupun tablet android.
Jika sebelumnya saya lebih suka ES-File Xplorer maka saat ini saya lebih suka si Tomi ini. Fungsi dasarnya sebagai pengelola file terbilang full. Mulai dari sekedar copy, paste, menghapus, memindahkan file hingga membuka beragam file kompresi seperti .zip, rar, dan lainnya. Bahkan aplikasi ini bisa kita manfaatkan untuk membuat file arsip yang terkompresi tersebut [ seperti .zip dan rar. ] serta banyak kelebihan lainnya.
Baca juga : ES File Manager Android
Mari kita bahas kelebihan Tomi File Manager (Explorer) android ini
Fitur dan Kelebihan Tomi File Manager (Explorer) Android
Ada 2 hal yang membuat aplikasi file manager untuk android ini menarik, pertama Tampilan antar muka [ user interface ] dan yang kedua adalah kemudahan mengelompokan berbagai file yang tersimpan di memory. Dilayar utama secara otomatis Aplikasi Tomi File Manager (Explorer) akan mengelompokan file ke dalam beberapa category berdasarkan jenis file tersebut seperti musik, video, foto / gambar, dokumen, aplikasi dan hasil download. Masih dilaya utama pula kita bisa mengetahui ruang yang tersisa dari total memory yang tersedia.
Fungsi standar sebagai file manager dapat dilakukan dengan mudah seperti cut, copy, paste, move, rename, share dan lainnya. Bahkan kita bisa membuat file kompresi dengan format zip. Sayangnya untuk membuka file dokumentseperti doc, docx, pdf sepertinya kita memerlukan aplikasi tambahan. Akan tetapi untuk membuka file foto justru tampil lebih menarik layaknya gallery foto standar bawaan android yang bisa kita setting pengelompokannya berdasarkan tanggal atau berdasarkan jenis file, atau berdasarkan kategori lainnya. Begitu pula untuk file video dan lagu dimana kita bisa memutarnya langsung, bahkan untuk lagu kita bisa langsung menyetelnya sebagai ringtone atau notifikasi lainnya.
Dibagian bawah layar awal kita bisa membuka direktory dimana fungsinya tidak jauh berbeda yaitu mengelolafi dengan deretan file yang tampilannya sama dengan file manager lainnya.
Terdapat juga fitur toolbox, fitur ini bisa kita manfaatkan untuk berbagai hal seperti remount file system, host editor, dan build.prop editor.
Tomi File manager juga bisa kita manfaatkan untuk mengakses file system [ ROOT ] seperti menghapus aplikasi bawaan smartphone yang anda anggap tidak penting. Namun untuk dapat melakukan itu tentunya hp anda sudah terlebih dahulu di rooting.
Sebagai file manager, tomi juga bisa kita manfaatkan untuk mengelola file yang tersimpan secara cluod seperti dropbox, google drive dan lainnya.
masih banyak lagi ? yaa coba aja deh.
dibawah ini adalah beberapa tampilan dari Tomi File Manager Android.
Download Tomi File Manager (Explorer)
Saat kami androidesia mencobanya yang paling menarik tentu saja dari sisi desain grafisnya yang tidak sekedar pengelola aplikasi. Selain itu dari sisi performa juga cukup ringan dan tidak membebani memory RAM.
versi yang kami coba adalah Tomi File Manager (Explorer) 2.3.1 Apk dengan ukuran hanya 6 MB. Kabarnya dapat di install untuk android 3.0 Honeycomb keatas. Tersedia dan dapat di download gratis di Play store.

No comments:

Post a Comment